Pertolongan Pertama: Kabel USB Hardisk External Rusak :(


Robsan - December 19, 2016

Ini terjadi begitu mendadak. Ketika sedang gawat-gawatnya, hardisk external yang berisi ribuan koleksi fotonude pribadi serta manga one piece dari episode 1 - tamat mendadak tidak bisa dipakai.


Analisis 1: Lampu LED indikator tidak menyala, tidak ada suara cakram berputar atau getaran (bagi pemilik hd external tipe SSD jangan harap melakukan ini! SSD tidak menggunakan cakram)

Analisis 2: Bisa jadi port usb laptop saya yang kurang daya, coba hubungkan ke perangkat lain ternyata connect, oke mungkin kabel hardisk (tipe kabel yang saya maksud adalah hard disk cable 3.0, bukan kabel hard disk trapesium 2.0 / tipe lawas)

Penampakan kabel hardisk 3.0Penampakan kabel hardisk 3.0

Solusi

Oke, cari kabel data usb tipe micro-B yang menguasai dunia dan merajalela saat ini (bahasa daerahnya, kabel android :p)

Lihat gambar dibawahenter image description here

Sama kan? Setelah saya sadar bahwa ternyata kabel hardisk 3.0 dan kabel android mempunyai kesamaan visi, yakni mengalirkan data beserta power, saya asumsikan mereka berjodoh, mari kita pasang…!

Soundtrack jodoh pasti bertemu - younglexJodoh

…dan voila, LED hardisk menyala dan terdeteksi di hardisk.

Selalu ingat bahwa saya pakai kabel original hp xiaomi, maka silahkan coba pakai kabel original juga, terkadang kabel data android yang dibeli secara serampangan dan ugal-ugalan di ITC terdekat seharga 15 ribu gagal mendeteksi hardisk karena mungkin kualitasnya rendah atau kurang daya) - MRS

tambahan quote lagi deh…

Jangan mencoba trips ini dengan kabel iPhone atau anda akan merasa bodoh sendiri - MRS


Apakah tulisan saya cukup mengesankan? Kalau belum setidaknya follow Twitter atau Instagram saya ;)