Opera Baru dengan Built-In VPN


Robsan - December 21, 2016

Selain Chrome, ternyata banyak produk browser lainnya yang terus berpacu meningkatkan kualitas, terutama masalah keamanan dan privacy. Chrome banyak diterpa isu miring seputar keamanan privacy penggunanya selain beban memori yang tinggi, bahkan konon mode incognito di Chrome tidak benar-benar aman dalam merahasiakan jejak selancar penggunanya.

Tentunya, setiap orang punya hak untuk mempunyai rahasia-rahasia kecil, bukan? kedip-kedip

Oke kita beralih ke Opera. Browser yang lebih hits pada mode mobile (Opera Mini) itu akhirnya merilis fitur yang benar-benar baru: Built-In VPN. (Dapatkan di laman resminya)

Fitur VPN pada Opera ini benar-benar gratis dan sangat mudah penggunaannya. Aktifkan fitur VPN di Menu > Settings > Privacy & security. Pada tab VPN, centang Enable VPN dan voila, seharusnya anda bisa melihat seperti ss dibawah.

Tanpa VPN

Lihat ikon VPN pada samping URL browser masih berwarna abu-abu, indikasi bahwa VPN tidak aktif. Lalu dengan me-enable-kan fitur VPN akan tampil ikon warna biru dan berapa data yang berhasil dikompresi via VPN dan lokasi VPN berada.

Dengan VPN

Perhatikan IP Adrressnya, berubah dengan praktis bahkan tanpa aplikasi pihak ke-3. Semua dilakukan dengan cuma-cuma, mudah bukan.

VPN adalah ‘pengaman’ tambahan, pengaman utama ada di hati kita -MRS


Update

Download opera http://www.opera.com/

Bukti

Opera VPN for AndroidMobile

Download Opera VPN di AppStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.opera.vpn

Agan Setya5785 di Kaskus ini mengembangkan aplikasi untuk mengolah Opera VPN dengan browser lain http://kask.us/ikxX6


Apakah tulisan saya cukup mengesankan? Kalau belum setidaknya follow Twitter atau Instagram saya ;)